DETIK-DETIK PEMILU PRESIDEN MAHASISWA, KPUM SOSIALISASIKAN AGENDANYA



Foto Sosialisasi KPUM (Sumber: Aksara)

Pesta demokrasi akan segera digelar di kampus STAI Persis Garut. Pemilihan Umum Mahasiswa menjadi ajang yang ditunggu-tunggu dalam panggung politik mahasiswa. Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) menggelar sosialisasi kepada para mahasiswa siang tadi, Senin, 13/03/2023.
 
Bertempat di ruang kelas STAI Persis Garut Jalan Aruji Kartawinata, Ciawitali, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, KPUM memaparkan secara jelas dan detail rangkaian perhelatan akbar pemilu mahasiswa kali ini. Mulai dari tahap pendaftaran calon Presma dan Wapresma sampai pada tahap pemungutan suara. 

Untuk pendaftaran calon Presma dan Wapresma sendiri dimulai dari tanggal 15-20 Maret 2023, kemudian tahap verifikasi tanggal 21-22 Maret 2023, dilanjut dengan masa kampanye selama lima hari untuk mensosialisasikan visi misi dan meyakinkan para pemilih. 

Selanjutnya ada debat kandidat, dan hari tenang, diakhiri dengan pemungutan suara yang dilaksanakan hari Kamis-Jumat 30-31 Maret 2023. 

KPUM membuka pendaftaran bagi seluruh mahasiswa yang memenuhi kriteria dan persyaratan administratif seperti, mengisi formulir pendaftaran; mengisi surat perjanjian; mengisi surat pernyataan, dan melampirkan surat rekomendasi dari Wakil Ketua III STAI Persis Garut. 

Selain itu harus mempunyai IPK minimal 3.0 dan pernah aktif menjadi pengurus di HM-PS, Senat Mahasiwa (SEMA) atau Dewan Mahasiswa (DEMA) pada masa jihad sebelumnya.

Ketua KPUM STAI Persis Garut, Robi Setiawan, menjelaskan bahwa sistem pemilu sekarang akan diadakan secara offline dan online. “Karena kampus kita bercabang, jadi untuk pemungutan suara di kampus utama, kita adakan secara offline, dan untuk kampus cabang kita adakan secara online,” ujarnya ketika diwawancarai. 

Wakil Ketua III bidang kemahasiswaan STAI Persis Garut, Dr. Heri Mohamad Tohari, menyampaikan harapannya untuk pemilu sekarang agar menjadi ajang kontestasi politik dan regenerasi kepemimpinan di kampus. 

“Saya berharap setiap Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) menyiapkan kader terbaiknya untuk bertarung di ajang kontestasi ini,” ucapnya. 

Pemilu mahasiswa menjadi ajang yang bergengsi bagi setiap himpunan mahasiswa untuk menyiapkan kadernya sebagai pemimpin, baik dari kalangan internal maupun eksternal kampus. 

Sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa, dua organisasi himpunan mahasiwa yang selalu mendominasi pemilu Presma yaitu HMI dan HIMA Persis. 

Ketua KPUM menambahkan akan harapannya untuk Presma dan Wapresma yang terpilih siapapun itu merupakan pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab. “Saya berharap yang terpilih nantinya merupakan orang yang berkualitas dan mempunyai tanggung jawab.” Pungkasnya. 

Jurnalis: Zulfi Muhammad Ramadhan
Editor  : Nur Aida Hasanah 

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama