Macet di Pasar Ciparay, Para Pengendara Akhirnya Memilih Jalan Pintas


Foto Kemacetan di Jalan Karangpawitan (Sumber: Aksara) 


Kemacetan yang terjadi di jalan menuju Godog Ciparay, Lebakjaya, Karangpawitan, membuat para pengendara yang melintas di jalan tersebut memilih untuk memutar arah dan mengambil jalan pintas, Senin (13/03/2023).

Kemacetan pada pagi hari selama hari kerja di Jalan Ciparay ini kerap terjadi akibat aktivitas para pedagang di antara sisi-sisi jalan Pasar Tumpah Ciparay bersamaan dengan aktivitas mengantar anak sekolah dan para karyawan yang berangkat bekerja, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Baca Juga: Usai Direnovasi 87,7 M: Beginilah Wajah Baru Situ Bagendit Garut

Kegiatan pasar Tumpah tersebut mengakibatkan lalu lintas di pagi hari terutama selama hari kerja selalu terhambat, kemacetan ini biasanya berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai sekitar pukul 09.30 WIB saat para pedagang sudah mulai tutup.

Salah satu pengendara mobil yang hendak mengantarkan anaknya ke sekolah, Dadan (40), mengatakan kemacetan ini membuat dirinya selalu terlambat mengantarkan anaknya ke sekolah, dia menyebut putar arah untuk mencari jalan pintas lebih baik daripada menanti macet panjang.

“Kalau harus menanti macet bisa bisa anak saya terlambat ke sekolah, makannya saya memutuskan putar arah ke jalan godog untuk memilih jalan pintas, lumayan lebih cepat dibandingkan harus mengantri,” tuturnya.

Dalam memberikan solusi atas permasalahan tersebut, anggota Polsek Karangpawitan dan jajaran Polres Garut Polda Jabar rutin melakukan kegiatan pengaturan lalu lintas pada pagi hari dengan tujuan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah SP3 Godog Ciparay, Kelurahan Lebak jaya, Kecamatan Karangpawitan sejak bulan Februari lalu.

Tak hanya melakukan pengaturan lalu lintas, anggota Polsek Karangpawitan juga turut membantu menyebrangkan para pengguna jalan. Hal ini guna memberikan rasa aman bagi mereka karena pada pagi hari kendaraan yang melintas cukup padat.

Namun adanya kegiatan pelayanan tersebut tak cukup dapat menghindari kemacetan di Pasar Tumpah Ciparay pada pagi hari. Kendaraan yang melintaspun kerap kali memilih memutar arah untuk melalui jalan pintas dalam upaya menghindari kemacetan yang cukup memakan waktu.

Jurnalis   : Natasya Kusmita
Editor     : Zulfi Muhammad R

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama