Apresiasi Lulusannya! HM-PS Ilmu Hadits Staipi Garut Sukses Selenggarakan Bedah Buku "Risalah Aktivis"

 

(Sumber: Panitia Acara Bedah Buku 2024 HM-P Ilmu Hadits )

Garut,Aksara—Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) Ilmu Hadits STAI Persis Garut pada Senin (29/05/2024) selenggarakan acara “Bedah Buku: Risalah Aktivis Dakwah” yang bertempat di Aula STAI Persis Garut.

Bedah buku ini diisi dengan pemaparan Fajar Shidiq, S.Ag selaku penulis buku, kemudian dibedah oleh Dr. Yusuf Tajri, M. Pd., Uus Suhendrik, Lc., M.Pd dan dipandu oleh Muhamad Lengki Setiawan sebagai mahasiswa dari Program Studi Ilmu Hadits semester 8

Acara bedah buku kali ini dihadiri oleh sekitar 101 peserta yang terdiri dari beberapa dosen hingga mahasiswa dari berbagai Program Studi.

Azis Asmana, Lc., M.Ag selaku ketua Program Studi Ilmu Hadits, beliau menyampaikan sambutannya atas terselenggaranya bedah buku yang merupakan bentuk apresiasi karya salah satu lulusan ilmu hadits tersebut.

"Pertama alasannya ini adalah apresiasi, apresiasi kami terhadap salah seorang alumni Ilmu Hadits yang telah menuangkan pengalaman dan ilmunya dalam satu tulisan .." Ungkap Ketua prodi Ilmu Hadits tersebut.

Beliau juga berharap bedah buku ini menjadi motivasi khususnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan literasinya dalam bentuk tulisan.

Penulis buku, Fajar Shidiq, membuka acara dengan menyampaikan gagasan dalam bukunya. "Asbabul kurunyung buku ini berangkat daripada aktivitas saya di Pemuda Persis sejak tahun 2020, membaca konteks dakwah lalu kemudian dibuat dalam teks-teks," ujar Fajar.

Selama empat tahun beraktivitas di Pemuda Persatuan Islam, Fajar menemukan bahwa paradigma dakwah di masyarakat belum dipahami secara utuh, sehingga perlu direnungkan kembali.

"Maka tahun 2020 itu kalau tidak salah saya mulai menulis, membaca-baca berkaitan dengan dakwah, tipe dakwah, akhirnya menemukan satu surat yang unik dalam Al Quran yaitu surat as-Shaf ,"  paparnya.

Pada bedah buku tersebut, penulis mengulas isi bukunya dengan mengaitkan dakwah dengan history dakwah pada masa Rasulullah, masa sahabat, tabi'in sampai dengan tantangan dakwah sekarang di Indonesia.

Uus Suhendrik Lc. M. Pd, yang merupakan ketua PD Pemuda Persis Kabupaten Garut, sebagai pembedah pertama mengulas isi buku tersebut mengenai dakwah. Jadi, risalah  yang  beliau tulis dibuku  ini pesannya  adalah  agar para  aktivis dakwah itu tahu  bahwa  gerakan  yang  dilakukan itu harus  berdampak”.

Tidak lupa pembedah mengaitkan kepenulisan buku tersebut tidak lepas dari ciri khas persis. Membaca buku ini pun kita akan dihidangkan berbagai dalil, ciri khas persis yang tidak boleh hilang, penulis ini memperlihatkan  hal itu dibuku ini.”

Pembedah kedua, Dr. Yusuf Tajri M. Pd. menyampaikan bahwa acara bedah buku ini pun bagian dari dakwah. “Jadi kalau kita sekarang melakukan acara bedah buku, itu adalah  bagian kita berdakwah,  menghargai yang harus dihargai.”

Tidak hanya itu, Dr. Yusuf Tajri memberikan rumus dalam menyelesaikan studi, termasuk menyusun buku, “Satu pangartos (ilmu), kadua artos (uang), katilu waktos (waktu)”.

Lebih lanjut Faiq Aghna Muttaqin selaku Ketua Pelaksana memaparkan motivasi HM-PS ilmu Hadits dalam menyelenggarakan bedah buku mengenai risalah aktivis dakwah ini. "Kami ingin mengetahui bahwa arti dakwah sesungguhnya, jadi  bagaimana cara kita berdakwah yang  baik,  yang  benar,  yang   sesuai  dengan  tuntunan  Rasulullah  dan  Allah  swt."

Ketua HM-PS Ilmu Hadits berharap bedah buku mengenai dakwah ini mampu mendorong semangat para pemuda dalam berdakwah. "Mudah-mudahan harapan kami sebagai HM-PS dan juga Program Studi bisa menanamkan kepada para pemuda dalam semangat berdakwah, dalam mengemban amanah.”

Setelah sesi bedah buku selesai, pembedah  memberikan  nasihat untuk para pemuda  dan  dai’ agar  terdorong  semangat  melaksanakan  dakwah  di masa yang  akan  datang.

Jurnalis : Dewi Kartiwi, Ghufron, Rifa April


Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama