SAMBUT MAHASISWA BARU, HM-PS PAI SIAPKAN KADER MELALUI ORIENTASI PRODI DAN MAKRAB

Dokumentasi Panitia POSMA & MAKRAB PAI

Garut—HM-PS PAI STAI Persis Garut selenggarakan kegiatan orientasi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) pada Jum'at, 21/10/2022 di ruang kelas. Dan pada rangkaiannya dilaksanakan selama tiga hari, Jum'at sampai Minggu. Pelaksanaan dihari Minggu bertempat di Puncak Darajat.

Kegiatan ini dinamakan POSMA & MAKRAB, yang merupakan akronim dari Pekan Orientasi Mahasiswa dan Malam Keakraban yang dikhususkan untuk mahasiswa baru prodi PAI, kegiatan diikuti oleh sekitar 32 orang peserta. 

POSMA & MAKRAB ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh HM-PS PAI dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Hanya saja terjadi perubahan nama dari tahun ke tahunnya, pengurus HM-PS mengatakan bahwa perubahan nama yang semula adalah OSJUR (Ospek Jurusan) merupakan respon positif dalam perubahan penamaan organisasi.

Ketua pelaksana kegiatan, Depitra Laelatul Putri menuturkan "Tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai pintu awal dalam memberikan pandangan untuk menentukan sikap yang tepat dan benar, juga sebagai pengenalan prodi PAI tentunya". 

Berkenaan dengan konsep kegiatan yang mengutamakan silaturrahmi untuk memupuk keakraban seluruh mahasiswa PAI. Dalam sambutannya Dr. Heri M Tohari, S, Fill, M. Pd mengatakan "Investasi sosial itu sangat penting dan bermanfaat dimasa yang akan datang"

Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu " Aktualisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Bertanggung Jawab dan Militan Terhadap Organisasi" dari tema tersebut ada 3 poin yang menjadi titik utama yaitu aktualisasi, bertanggung jawab dan militan. Artinya diharapkan mahasiswa PAI dapat menggunakan kemampuan dirinya untuk mencapai apapun yang mereka mau dan lakukan dengan penuh tanggung jawab serta mempunyai semangat yang tinggi dan penuh gairah dalam sebuah organisasi agar bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.

Berangkat dari tema, kegiatan ini dikemas dengan sangat baik. Sehingga materi dan pemateri yang disuguhkan sangat berkualitas. Dari mulai keprodian oleh ketua prodi PAI langsung, yaitu Riyan Nuryadin, SHI, M.Pd, selanjutnya materi manajemen organisasi disampaikan langsung oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Dr. Heri M Tohari, S. Fil, M. Pd yang juga merupakan dosen prodi PAI dan materi lainnya sampai menyuguhkan alumni-alumni prodi PAI langsung seperti Salman Fathurrohman, M. Pd (2018) seorang aktivis muda.

Tak kalah menarik adanya Eksklusif Questar oleh Mutia Ilma Nurhalimah, S. Pd. (2021) peraih IPK tertinggi, riset ilmiah terbaik dan juga seorang penulis buku yang berjudul "Metamorfosa". Diakhir penyampainnya memberikan sebuah motivasi, catatan metamorfosa akan menemani langkahmu, memahami bahwa kita semua berhak untuk menjadi lebih baik. Sebagaimana kupu-kupu yang berwal dari ulat yang menggelikan, mari berusaha membentangkan sayap-sayap dengan corak yang indah. Untukmu yang sedang berusaha bangkit, berdiri dan lihat masa depan. Melangkahlah dan nikmati setiap prosesnya.


Kabinet Akselerasi !
Solidaritas tanpa batas.


Amijar Septiani
Jurnalis UKM Aksara


Editor: Lani Lasna Ulhaq

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama