Diklatsar HIMPARA STAIPI Garut: Ciptakan Kader MAPALA yang Tangguh dan Berkompeten

 

Upacara Penutupan Diklatsar IV UKM HIMPARA STAIPI Garut (Sumber: Aksara

Garut, Aksara--Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Mahasiswa Penjelajah Rimba (HIMPARA) STAIPI Garut sukses selenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) IV, Jumat-Senin (1-4/12/2023). 

Acara tersebut merupakan bentuk kaderisasi yang bertujuan untuk mencetak Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) yang tangguh dan berkompeten di bidangnya. 

Acara tersebut bertemakan "Regenerasi Kader HIMPARA Demi Terwujudnya Revitalisasi HIMPARA sebagai Wadah Pengembangan Bakat Mahasiswa." 

Baca Juga: Ribuan Massa Aksi Bela Palestina Padati Alun-alun Garut: Ini yang Dilakukan Keluarga Besar Persis Garut

Bertempat di Cikatomas, Cibeureum, Kamojang, Garut, acara Diklatsar tersebut diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai jurusan dan semester sebagai peserta Diklatsar HIMPARA angkatan IV. 

Angkatan tersebut bernama "Seuneu Bare," diambil dari dari bahasa Sunda dan Bajo. "Seneu" dalam bahasa Sunda artinya api dan "Bare" artinya bara. Sehingga artinya Bara Api yang melambangkan semangat tetap berkobar layaknya api. 

Prosesi Simbolis Peresmian Anggota Baru UKM HIMPARA oleh Ketua STAIPI Garut. 

Para peserta diberi pembinaan dan pelatihan berupa materi mengenai Navdar (Navigasi Darat), SAR (Search and Rescue), PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), Konservasi, dan Survival

Tahap akhir dari Diklatsar tersebut adalah para peserta melakukan Long March yaitu jalan kaki dari lokasi Diklatsar sampai kampus STAIPI Garut.

Baca Juga: Fakultas Tarbiyah STAIPI Garut Sukses Selenggarakan Festival Pendidikan se-Kabupaten Garut

Kemudian para peserta dilantik menjadi anggota resmi melalui Upacara Penutupan Diklatsar yang dipimpin langsung oleh Ketua STAIPI Garut. 

"Selamat pada Anda untuk bergabung di HIMPARA yang ada di STAIPI Garut, ini menambah kekuatan baru bagi STAIPI,"ujar Dr. Maman, Ketua STAIPI tersebut. 

Salah satu peserta mengungkapkan rasa senangnya ketika sudah resmi menjadi anggota HIMPARA. 

"Lelah, udah pastinya capek, dapat pengalaman baru juga," ucap Rohim, peserta Diklatsar HIMPARA STAIPI Garut. 

Dirinya mengaku motivasinya ikut HIMPARA karena ingin ikut mendaki dengan anggota dan pengurus HIMPARA. 

Ketua pelaksana menjelaskan acara Diklatsar ini untuk menemukan dan menciptakan kader terbaik HIMPARA. 

"Meregenerasi atau mencari kader, dan menetapkan estafet perjuangan saya kepada kader yang telah selesai Diklatsar," tutur Muhammad Faisal Fikri, selaku ketua pelaksana. 

Dirinya mengapresiasi semangat dan daya juang para peserta yang tak kenal lelah. 

"Mereka daya juangnya sangat membara, sangat bersemangat sekali dan juga bersungguh-sungguh mengikuti acara ini," ucap Fikri. 

Lebih lanjut mahasiswa Jurusan BKPI tersebut berharap seluruh kader HIMPARA bisa maju lebih baik lagi. 

"Harapan ke depannya bisa maju lebih baik, ya, karena slogannya juga (HIMPARA) Bergerak Walau Satu Langkah," pungkas Fikri. 


Z M R

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama