PELANTIKAN ANGGOTA KPUM STAI PERSIS GARUT 2024: WADAH INDEPENDENSI DI BAWAH NAUNGAN LANGSUNG WAKIL KETUA III

 

Pembacaan SK oleh ketua DEMA kepada panitia KPUM 2024 (Sumber: Aksara)

Garut, Aksara—Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAI Persis Garut selenggarakan pelantikan anggota KPUM 2024 yang berlangsung di kelas kampus STAI Persis Garut, pada Jum’at (02/02/2024).

Acara ini resmi dibuka secara  langsung oleh wakil ketua III, Dr. Pepen Irpan Fauzan, M. Hum. Anggota yang dilantik berjumlah 14 orang, terdiri dari seluruh mahasiswa dari berbagai Program Studi.

Acara ini dimulai dengan beberapa sambutan, di antaranya sambutan dari ketua Dewan Eksekutif  Mahasiswa. (DEMA) “Pembentukan KPUM wadah independensi yang di bawah langsung oleh wakil ketua III,  yang dimana ada beberapa utusan dari masing-masing Program Studi untuk menjadi KPUM. Kurang lebih dua minggu kebelakang, ada 14 orang yang menjadi calon KPUM. Sudah mengikuti tahap dimana mengikuti tahap tes tulisan dan tes lisan.” tegas Hali Kadhan, selaku ketua DEMA STAI Persis Garut.

Sambutan menarik disampaikan juga oleh ketua Senat Mahasiswa (SEMA) STAI Persis Garut, Jafar Sidik. Beliau menyampaikan, KPUM adalah lembaga yang berdikari atau lembaga yang independen, dimana  teman-teman KPUM tidak terintimidasi atau terinterptretasi oleh DEMA ataupun SEMA. Juga SEMA akan membuat Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) sudah ditentukan yang akan menmdampingi panitia KPUM saat bertugas."

Jafar Sidik menambahkan untuk penyelenggaraan pemilu nanti ada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk DPT ini panitia KPUM meminta data jumlah mahasiswa dari setiap HM-PS yang aktif ke TU kampus.

Baca juga: Pelantikan Penuh Antusiasme: Kampus Sambut Rektor Baru beserta Jajarannya dengan Harapan Tinggi!

Wakil Ketua III STAI Persis Garut, Ustadz Dr. Pepen Irpan Fauzan, M. Hum., tidak kalah semangat ketika menyampaikan sambutan. Beliau dengan semangat menyampaikan bahwa anggota KPUM yang telah terpilih ini berarti kalian ini dianggap sebagai mahasiswa berintegritas, mempunyai kepribadian teguh sehingga mempunyai keyakinan tidak akan berpihak pada siapapun (dan tidak menerima sogokan).

Tidak hanya itu, beliaupun menjelaskan tentang dirinya yang akan memperjuangkan beasiswa.  Bagi mahasiswa berprestasi yang layak mendapatkan beasiswa atau reward yang layak di antaranya jenis beasiswa untuk kategori mahasiswa yang memiliki intelektualitas, mahasiswa aktivis, mahasiswa pertukaran pelajaran dengan kampus luar negeri,  mahasiswa dengan prestasi khusus (seperti cabang olahraga), dan mahasiswa yang menekuni seni sastra, ungkap Wakil Ketua III.

Baca juga: Seminar Pendidikan dan Pameran Media: Membahas Kurikulum Merdeka dan Inovasi AI

RW selaku ketua Panitia Khusus (PANSUS) juga mengungkapkan begitu penting KPUM ini dibentuk, karena setiap satu tahun sekali itu diadakan pemilihan ketua dan wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), jika misalnya ketua SEMA dan ketua HM-PS itu dilaksanakan ketika MUSYMA dan MUBES. Tapi untuk presiden mahasiswa sendiri ataupun ketua DEMA itu dilaksanakannya oleh KPUM. Beliau menegaskan, bahwa menjadi anggota KPUM haruslah netral (tidak berpihak kemanapun).  


Jurnalis: Haifa, Aida

Fotografer: Haifa 

Editor: Aida

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama