Pengurus Baru Resmi Dilantik, Pimpinan Ma'had 'Aly Kembali Ingatkan Visi-Misi

Oleh: Fahri Taufik Ridwan

Garut, 15 Maret 2022 Sakan Baiturrahman al-'Aly (Pesantren Mahasiswa) STAI Persis Garut mengadakan Pelantikan Pengurus & Silaturrahmi Dosen Ma'had al-'Aly. Dengan suasana yang khidmat acara berlangsung di Auditorium Kampus STAI Persis Garut pada pukul 20.00 WIB. Sebuah trobosan baru, mengadakan kegiatan tersebut pada tempat yang tidak biasanya merupakan salah satu dan awal dari gerak langkah pembaharuan Ma'had al-'Aly. 

Secara resmi, pembawa acara membuka kegiatan dengan menuturkan serangkaian acara. Sudah menjadi kebiasaan, kerapkali diadakannya kegiatan selalu dilantunkannya ayat suci al-Qur'an. Pembacaan ayat suci al-Qur'an oleh Wildan Nurrahman, mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir semester 2. Dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana dan sambutan-sambutan dari Wakil Ketua III juga Direktur Ma'had Baiturrahman al-'Aly. 

Tedi Kurniawan, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh jajaran Dosen dan Mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut. Terlebih rasa terimakasih kepada jajaran panitia yang jauh-jauh hari telah menyiapkan acara. Menjadi pemimpin adalah tanggungjawab masing-masing. Namun terlepas dari keindividualan, seyogyanya harus ada seorang pemimpin yang harus dita'ati. Dengan adanya ikrar pelantikan ini menjadi patokan mena'ati pemimpin selama masih ada pada koridor syari'at Allah Swt. Tuturnya pada sesi laporan ketua pelaksana. 

Disambung oleh Wakil Ketua III, Bidang Kemahasiswaan. Dr. Heri M. Thohari, S. Fill, M. Pd. menyampaikan beberapa pesan pada sambutannya. Yang paling penting menurutnya adalah poin bahwasanya masyarakat Ma'had al-'Aly atau Pesantren Mahasiswa ini harus berdaya, ¾ kehidupan di dalamnya harus bermanfaat, masyarakat Ma'had al-'Aly harus bisa membuat kegiatan yang bisa menunjang minat dan bakat penghuninya. Sehingga jebolan-jebolan dari dalamnya bisa membanggakan seluruh civitas academika STAI Persis Garut. 

Menyampaikan taujih sekaligus membuka acara, Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M. Hum. selaku Direktur Ma'had al-'Aly menyampaikan pesan dan harapan yang begitu besar kepada seluruh Mahasantri. Beliau mengingatkan kembali kepada visi yang diambil, ialah menyiapkan kader-kader da'i yang akan terjun ke masyarakat, tentunya misi yang dibawa yakni menyebarkan ajaran Rasulullah Saw, dan secara spesipik harus menjadi kader-kader persis dimanapun berada. Seorang da'i itu harus bisa mujahadah dalam memperbaiki diri menjadi lebih baik dan berkualitas dalam kehidupan sehari-hari. Harus bisa menerapkan prinsip 'amr ma'ruf nahyi munkar, juga tawashou bil haq. Tugas da'i adalah tugas peradaban yang sangat besar. Karena perubahan di masyarakat itu ada di tangan para da'i, bukan politisi. Perubahan sesungguhnya adalah sosial revolusi, dimana aktornya adalah yang paling dekat dengan masyarakat, yaitu da'i. Masyarakat itu akan mengikuti pemimpin yang paling dekat dengannya. 

Diakhir taujihnya, beliau menuturkan Kenapa seorang da'i harus mengabdikan diri kepada jam'iyyah, hal ini karena untuk menyatukan langkah, memperjelas arah gerak. Pentingnya belajar berjam'iyyah. Karena disanalah akan diuji kesabaran dengan kemungkinan-kemungkinan yang tak terduga. Seorang pemimpin harus sabar menghadapi yang dipimpinnya, dan sabar dengan visi yang telah direncanakan. Yang lebih penting itu adalah setelah acara ini, yaitu semangat untuk menjalankan program-program yang telah direncanakan. 

Diambil oleh: Fahri Taufik Ridwan

Acara selanjutnya yakni Ikrar Pelantikan yang  dipimpin langsung oleh Dr. Tiar. Farid sebagai pemandu acara memanggil jajaran pengurus Sakan Ma'had Baiturrahman al-'Aly Masa Jihad 2022-2023 M/1443-1444 H untuk maju ke depan. Kalimat perkalimat sebagai ikrar / bai'at kepada-Nya telah diucapkan. Maka sejak ditetapkannya sudah sah menjadi pengurus Ma'had al-'Aly. Dengan Firdaus Nuryadin sebagai ketua Sakan Ikhwan, dan Nufaila Azkia Syahid sebagai ketua Sakan Akhwat. 

Sebelum kepada sesi penutupan, H. Husen Zaenal Muttaqin, Lc, M. Pd. I. sebagai Sekretaris Ma'had al-'Aly menyampaikan beberapa pesan untuk seluruh maha santri. Mudah-mudahkan amanah yang dimandatkan bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya. Beliau mengucapkan rasa terimakasih kepada dosen yang hadir pada kesempatan ini, dan yang telah siap membimbing mahasantri di Ma'had al-'Aly.
Beliau sangat bahagia melihat dosen-dosen yang telah bersedia dan mewakafkan dirinya untuk mengabdikan diri menjadi staf pengajar juga pembimbing didalamnya. 

Serangkaian acara telah usai dilaksanakan, atas hal itu pemandu acara menutup kegiatan tersebut dengan do'a. Sebelum bubar, seluruh jajaran yang hadir disana diintruksikan untuk menyantap hidangan sederhana yang telah disiapkan oleh panitia dengan harapan terjalinnya silaturrahmi, baik itu antara Mahasatri dengan para Dosen maupun antara Mahasantri dengan Mahasiswa STAI Persis secara umum. 

Keberadaan Ma'had Baiturrahman al-'Aly itu tergantung kualitas penghuninya. Maka atas hal itu, wujudkanlah harapan dan cita-cita para Dosen dengan menjadi insan mulia, terkhusus dari sisi peringai dan umumnya dari sisi akademis. 

Jurnalis Aksara Pers
Lani Lasna Ulhaq

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama