9 Tips Jitu Agar Puasa Tidak Terasa Haus dan Lapar


Sumber: Gramedia


Halo kawan-kawan Aksaraners! tidak terasa kita sudah masuk bulan Ramadhan. Pastikan tubuh kawan-kawan tetap fit menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, kali ini ada sembilan tips jitu agar aktivitas kita tetap lancar meskipun sedang berpuasa, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: MENGGAPAI SAMARA

1. Minum Banyak Air Saat Sahur, Batasi Jangan Sampai Berlebihan

Minum banyak air adalah salah satu metode atau tips yang mudah, murah, sederhana dan pastinya sehat, karena air bisa menghidrasi tubuh dan menyegarkan pikiran. 

Ini merupakan sebuah fakta dan juga senjata paling ampuh untuk melawan kelaparan atau mencegah rasa lapar saat berpuasa. 

Dalam menjaga kesehatan tubuh, kita rata-rata membutuhkan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas, baik saat berbuka maupun pada saat sahur untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. 

2. Olahraga

Olahraga adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan, apalagi ketika sedang berpuasa dengan kondisi dimana kita kekurangan energi. 

Olahraga adalah jawabannya karena ketika kita berolahraga, tubuh kita bernapas lebih dalam lagi. misalnya jogging pagi berkeliling kompleks itu bisa menambah energi untuk tubuh kita. 

3. Menyibukan Diri

Cara ini sangat ampuh, karena ketika kita menyibukan diri dengan cara melakukan kegiatan. 

Contohnya seperti mengerjakan tugas sekolah, membantu orang tua, berkebun, hingga membaca buku dan lain sebagainya. 

Dengan kegiatan-kegiatan ini, bisa membuat kita lupa terhadap rasa lapar yang dirasakan. Waktu berjalan lebih cepat apabila kita sering menyibukan diri dan adzan maghrib pun tiba untuk berbuka. 

4. Menjalankan Hobi yang Disukai

Setiap orang pasti memiliki hobinya masing - masing dan itu bermacam macam. Mulai dari bermain basket, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. 

Rasa lapar selama berpuasa pasti dirasakan oleh setiap orang, dan menjalankan hobi adalah jawabannya untuk menghilangkan rasa lapar selama berpuasa. 

Apalagi jika hobi yang dijalankan itu berupa aktivitas fisik. sehingga akan membuat kamu fokus terhadap hobi yang sedang dijalankan dan kamu akan lupa pada perut keroncongan ketika berpuasa. 

5. Menghindari Minum Kopi

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein sehingga dapat mengeluarkan cairan dalam tubuh bagi orang yang mengkonsumsinya. 

Jadi sebaikanya ketika kita sedang berpuasa, harus menghindari minum kopi karena ini akan menimbulkan rasa haus ketika bepuasa. 

Tidak hanya kopi yang mengandung kafein, ada juga minuman jenis lain seperti teh dan minuman bersoda yang sama membuat orang lebih cepat haus ketika berpuasa. Sebaiknya minuman-minuman ini harus dihindari.

6. Meyakini Bahwa Puasa itu Menguatkan

Orang yang berpuasa bisa lebih mudah mengontrol suasana hati, pikiran, dan otak. Maka tidak heran apabila orang berpuasa sering merasa lapar. 

Kunci untuk mengatasi itu adalah dengan yakin bahwa diri kita ini bisa kuat menjalankan puasa. Dan yang paling penting yaitu kita sebagai umat Islam harus percaya serta yakin akan indahnya nikmat di akhirat nanti, apabila kita menjalankan puasa dengan sepenuh hati.

7. Tidur yang Cukup

Tidur adalah istirahat yang sangat penting. Tapi ingat, tidur juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Adapun alasan bahwa tidur itu sangat penting karena kamu pasti akan merasakan lelah apabila tidak tidur. 

Maka dari itu di bulan Ramadhan ini, kita harus tidur lebih awal agar tidak telat saat sahur. Di samping itu, kita akan bangun dengan keadaan tubuh yang segar dan sehat.

8. Mencukupi Kebutuhan Protein dalam Tubuh

Protein sangat dibutuhan oleh tubuh manusia. Jadi memenuhi protein sangatlah penting terutama bagi orang yang sedang berpuasa agar kamu bisa merasa kenyang lebih lama. Protein sendiri bisa kita dapatkan dari telur, ikan, ayam, hingga tahu. 

9. Menghindari Junk Food

Junk food memiliki kadar garam yang tinggi sehingga makanan ini akan membuat Anda lebih cepat lapar dan juga haus, salah satu contohnya seperti daging olahan. 

Cara agar bisa menunda lapar yaitu dengan menambahkan lemak sehat, seperti alpukat dan salmon. Makanan ini bisa memperlambat pencernaan pada saat puasa sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama. 

Baca Juga: RESENSI NOVEL "BUMI CINTA" 

Penulsi   : Rohima Sitti Maulidini 
Editor     : Zulfi Muhammad Ramadhan


Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama