Ribuan Massa Aksi Bela Palestina Padati Alun-alun Garut: Ini yang Dilakukan Keluarga Besar Persis Garut

Ribuan Massa Ikuti Aksi Bela Palestina di Alun-Alun Garut (Sumber: Aksara)


Garut, Aksara--Keluarga besar Persatuan Islam (Persis) Kabupaten Garut gelar Aksi Bela Palestina di pusat Kota Garut, Senin (27/11/2023).


Aksi digelar sebagai bentuk solidaritas dan dukungan keluarga besar Persis Kabaputen Garut terhadap kemerdekaan rakyat Palestina.

 

Acara tersebut diisi oleh orasi dari berbagai perwakilan, tausiyah, dan penggalangan dana yang bertempat di Lapangan Alun-alun Garut, Jl. Ahmad Yani No.22, Paminggir, Garut Kota.

 

Acara digelar dari pukul 07.00-12.00 WIB dengan menjaga kebersihan dan ketertiban hingga acara selesai.

 

Ribuan massa menghadiri dan ikut mendukung acara tersebut yang berasal dari Pimipinan Daerah (PD) Persis, Pimpinan Jemaah (PJ), berbagai Otonom, dan lembaga pendidikan Persis Kabupaten Garut. 

 

Ribuan massa dengan memakai berbagai atribut Palestina menggelorakan dan mendukung kemerdekaan rakyat Palestina dalam acara tersebut.

 

Baca Juga: Fakultas Tarbiyah STAIPI Garut Sukses Selenggarakan Festival Pendidikan se-Kabupaten Garut

 

Sebelumnya Ketua PD Persis Garut mengajak dan menghimbau kepada seluruh keluarga besar Persis Kabupaten Garut untuk menghadiri acara Aksi Bela Palestina.

 

"Kami dari PD Persis menghimbau kepada seluruh keluarga besar Persis, dimulai Persis sampai PD, sampai ke PJ, dan ketua otonom, termasuk lembaga pendidikan, bisa ikut hadir dalam acara Aksi Bela Palestina di Alun-alun," ujar H. Ena Sumpena, M. Pd, ketua PD Persis Garut.


 

Massa Mendengarkan Orasi-orasi yang Diberikan oleh Beberapa Perwakilan Keluarga Besar Persis Kabupaten Garut (Sumber: Aksara)


Lebih lanjut dalam orasinya, H. Ena menyampaikan bahwa dengan berjemaah akan menambah kekuatan seperti berkumpulnya keluarga besar Persis dalam acara Aksi Bela Palestina.

 

"Jika ada saudara kita tertimpa musibah maka kita juga harus ikut berduka, dan dengan hadirnya kita di aksi bela Palestina untuk mengurangi rasa sedihnya di Palestina."

 

"Dengan berjamaah menambahkan kekuatan, salah satunya bantuan dari keluarga Persis, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," ucap H. Ena.

Baca Juga: Woka (Workshop Aksara): Bedah Buku "How to Read a Book" Karya Mortimer J Adler dan Charles Van Doren

Ustaz Daden Robi Rahman, M. A., menambahkan bahwa optimisme terwujudnya kemerdekaan Palestina harus terus digelorakan. 

 

"Mengawal dan mendukung perjuangan Palestina adalah kewajiban, kita tunjukkan keberpihakan kita kepada kebenaran," ucap Ketua Bidgar SDIO PD Persis Garut itu.

 

Turut hadir Ketua PD Pemuda Persis Garut dalam acara tersebut sekaligus memberikan orasinya untuk membangkitkan rasa solidaritas dan dukungan warga Persis untuk rakyat Palestina.

 

"Kita di sini menunjukkan pada Allah, pada Dunia bahwa kita di sini membela Palestina, Kepada pemimpin negara dunia yang diam, demi Allah kalian akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah," tutur Ustaz Uus Suhendrik, Lc, Ketua PD Pemuda Persis Garut.

 

Dirinya menjelaskan bahwa pentingnya sebuah doa untuk terus didawamkan dalam dukungan bagi rakyat Palestina.

 

"Doa adalah senjata kaum muslimin, maka jangan pernah berhenti untuk berdoa sebagai dukungan kita kepada Palestina," tambah Ustaz Uus. 

 

Acara Aksi Bela Palestina tersebut mendatangkan keberkahan bagi para warga sekitar khususnya yang berjualan atribut Palestina dan aneka makanan-minuman.

 

Rahayu, salah satu peserta aksi merasakan kesan luar biasa dan menjelaskan motivasi dirinya mengikuti acara terserbut.

 

"Motivasi mengikuti aksi bela Palestina yaitu menggelorakan rasa kesolidaritasan dari warga Garut khususnya Jam'iyyah Persis untuk saudara-saudara kita di Palestina," ujar mahasiswi STAIPI Garut itu.

 

Lain halnya dengan Rahayu, Anwar dari PC Persis Karangpawitan menjelaskan bahwa aksi ini merupakan gerakan yang murni untuk mendukung kemerdekaan Palestina. 

 

"Hanya ini yang dapat kita lakukan, karena untuk berperang langsung ke sana, perlu hal-hal yang lainnya, dengan adanya aksi ini mudah-mudahan menjadi amal saleh bagi kita, untuk pemerintah Kabupaten Garut, diharapkan memberikan pressure (tekanan) untuk senantiasa menggaungkan Free Palestine" ujar Anwar.

 

Jundullah menjelaskan konflik di Palestina itu adalah sebuah genosida yang besar. Dirinya berharap agar Palestina bisa segera merdeka, lebih lanjut harapnnya bahwa banyaknya aspirasi yang dihasilkan dari beberapa demo atau aksi bela Palestina bisa tersampaikan dengan baik.

 

"Saudara kita itu sedang digenosida, kalau kita tidak bisa berbuat secara fisik, setidaknya banyak cara, salah satunya dengan media sosial, banyaklah memposting dukungan kemerdekaan Palestina, intinya jangan diam," ucap mahasiswa pascasarjana itu.

 

Baca Juga: KOLABORASI DENGAN JABAR QUICK RESPONSE: AKSARA STAIPI GARUT ADAKAN BASIC TRAINING & CAMP LITERASI 2023

 

Acara diakhiri dengan tertib, membersihkan sampah-sampah yang tertinggal dan salat zuhur berjemaah di masjid Alun-alun Garut.

 

Acara Aksi Bela Palestina ini menghasilkan donasi yang terhimpun sebesar Rp 48. 252. 000,- yang nantinya akan disalurkan ke rakyat Palestina.

 

 

Z M R

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama