Wujudkan Legislator Muda Berkapabilitas: Senat Mahasiswa STAIPI Garut Adakan Kelas Legislatif

 

Foto Kegiatan Kelas Legislatif (Sumber: Instagram: @semastaipigarut)


Garut, Aksara-- Sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan lembaga legislatif di Indonesia, sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di Garut mengikuti kelas legislatif yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa STAI Persis Garut, Sabtu (28/10/2023) 

Baca Juga : Perdana! LPPM STAIPI Garut Bedah Buku (Disertasi) Bertema "Problem Based Learning"

Kelas legislatif ini bertujuan untuk mengelaborasikan lembaga legislatif, demi terwujudnya legislator muda yang berkapasitas dan berkapabilitas. 

Ketua panitia, Yasir Amirullah dalam sambutannya menuturkan bahwa kelas legislatif ini diambil sebagai tema karena harapannya dapat memberikan pelajaran dan manfaat bagi seluruh mahasiswa dan aktivis kampus. 

"Kami ingin menciptakan mahasiswa yang kritis, yang tidak hanya menelan mentah-mentah informasi yang ada, tetapi juga mampu menganalisis dan memberikan masukan kepada lembaga legislatif," ujarnya.

Baca Juga: Studium Generale STAIPI Garut Mengawali Perkuliahan Semester Ganjil dan Membekali Mahasiswa Wawasan Baru

Selain itu, Yasir juga mengatakan bahwa mahasiswa harus melek dalam literasi buku dan membuka cakrawala terkait legislatif yang ada di Garut. 

"Kami membuka kelas ini dengan narasumber yang ahli dalam bidang ini, sehingga kami dapat belajar langsung dari pengalaman dan pengetahuan mereka," tambahnya.

Ketua Senat Mahasiswa STAI Persis Garut, Azharul, mengungkapkan bahwa kelas legislatif ini juga berkaitan dengan peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. 

"Kami melakukan deklarasi sebagai bentuk komitmen kami untuk menjadi generasi muda yang berkontribusi bagi bangsa dan negara, khususnya dalam bidang legislatif," katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Garut, seperti STIE Yasa Anggana Garut, Universitas Garut, dan STIKes Karsa Husada Garut.

Kegiatan ini juga menghadirkan tiga narasumber yang merupakan anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat, yaitu Hoerudin A, S. Ag., M.H (anggota DPR RI Komisi IV), Ali Rosyid, M.Sos (anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi V), dan Ikah Ratikah (anggota DPRD Kabupaten Garut Komisi I).

Kelas legislatif ini ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama dengan para narasumber. 

Kelas legislatif ini diharapkan dapat menjadi awal dari terbentuknya jaringan antara mahasiswa dan legislator, serta menjadi stimulus bagi mahasiswa untuk lebih peduli dan berkontribusi dalam bidang legislatif.


Jurnalis : Dianah 

Editor     : ZMR

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama