KADERISASI CALON ANGGOTA: AKSARA STAIPI GARUT ADAKAN BASIC TRAINING DAN CAMP LITERASI 2023

Dokumentasi Pasca acara Pembukaan Basic Training Dan Camp Literasi 2023 (Sumber: Panitia Aksara)

Garut, AksaraBasic Training dan Camp Literasi  Aksara STAIPI Garut 2023 resmi dibuka secara langsung oleh Pembimbing Aksara, Imam Sofyan Abbas S. Hum, M. A., Sabtu (28/10/2023).

Acara kali ini bertemakan "Membangun Landasan Kreativitas: Literasi jurnalistik dan Sastra demi Terwujudnya Kampus yang Kritis dan Berkemajuan."

Calon anggota Aksara dari berbagai Prodi STAIPI Garut turut mengikuti acara ini, yang bertempat di  Pos Priangan Timur Jabar Quick Response (JQR), Jl. Ngotong No 9, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat. 

Basic Training dan Camp Literasi 2023 merupakan kegiatan masa kaderisasi anggota Aksara baru sebagai syarat diterimanya para anggota yang nantinya disahkan menjadi anggota resmi oleh ketua Aksara.

"Alhamdulillah kegiatan Basic Training daan Camp Literasi 2023 berjalan dengan lancar, dari pembukaan  sampai  penutupan, dan lebih bagusnya dalam acara kali ini aksara berkolaborasi dengan pihak JQR (Jabar Quick Response)," Zulfi Muhammad Ramadhan, ketua Aksara.

Acara pembukaan dihadiri oleh pembimbing Aksara, Imam Sofyan Abbas, S. Hum, M.A., senat mahasiswa,  Azharul, dan presiden mahasiswa, Hali Kadhan F.

Para Peserta Basic Training dan Camp Camp Literasi 2023 Pada Materi Jurnalis Sadar Risiko Bencana  (Sumber: Panitia Aksara)

Imam Sofyan menyambut para calon anggota Aksara 2023 dalam sambutannya, "Selamat bergabung di UKM Aksara,”ujarnya.

lebih lanjut Imam Sofyan berharap agar para calon anggota menjadi junalis, "Saya berharap acara ini sebagai langkah awal kalian untuk menjadi  jurnalis," pungkasnya.

Lebih lanjut ketua Zulfi berharap melalui Basic Training dan Camp Literasi 2023 dapat membentuk kaderisasi yang terbaik ke depannya.

Amroini, selaku panitia menambahkan bahwa acara ini menjadi bekal buat kader melangkah lebih awal dan bisa berjuang bersama Aksara.

Baca Juga: KOLABORASI DENGAN JABAR QUICK RESPONSE: AKSARA STAIPI GARUT ADAKAN BASIC TRAINING & CAMP LITERASI

Presma Hali Kadhan menyampaikan pesannya kepada para calon Aksara agar kelak bisa menjadi seorang jurnalis.

"Untuk menjadi Jurnalis, langkah awal itu tidak akan terlepas dari membaca dan menulis,” ujarnya.

“Baiknya memiliki standar, pedoman, ataupun kurikulum bagi Aksara. Kurikulum setidaknya bisa membuat karya, jurnal, buletik, atau hal-hal isu dari masyarakat,” tambahnya.

"Acara Basic Training dan Camp Literasi 2023  bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh terkait  UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Aksara, serta memberikan pembekalan kepada calon anggota aksara mengenai materi jurnalistik, literasi maupun sastra. Pembekalan materi ini sangat bermanfaat dalam menjalankan roda UKM Aksara," ujar, Rohima Siti Maulidini, Sekretaris Umum Aksara.

Acara diselenggarakan selama dua hari satu malam, dari tanggal 28-29 Oktober 2023 yang diisi oleh berbagai kegiatan dan materi. 

Acara diisi oleh para pemateri spesial, seperti Ridwan Rustandi, S. Kom. I, M. Sos., mengenai jurnalistik, pengurus Aksara mengenai Keaksaraan dan Sastra, dan dari pihak JQR sendiri mengenai Jurnalis Sadar Risiko. 

Selain itu acara ini dimeriahkan oleh penampilan puisi berantai, musik, dan permainan dari para peserta.

 

Jurnalis        : Haifa

Editor            : Budi Zaki

Fotografer    : Hilwa & Sitti

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama