PELAJARAN BERHARGA DARI BASIC TRAINING, INI SARAN DARI PEMBIMBING UKM AKSARA

Pembukaan kegiatan Basic Training dan Camp Literasi (Sumber: Panitia Kegiatan) 

Garut, Aksara--. UKM Aksara mengadakan Basic Training dan Camp Literasi yang bertempat di Pos Priangan Timur Jabar Quick Response  Jl. Ngontong No. 9 Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan ini bertemakan “Membangun Landasan Kreativitas: Literasi, Jurnalistik dan Sastra demi terwujudnya kampus yang kritis dan berkemajuan.”

Baca Juga: Jalin Kerja Sama dengan UNIDA Gontor: STAIPI Garut Adakan Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam


Kegiatan ini menjadi pintu gerbang masuk bagi mahasiswa yang ingin menjadi anggota UKM Aksara STAIPI Garut.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28-29 Oktober 2023. Pada hari perdana-nya, kegiatan ini direncanakan dibuka pada pukul 09.00 WIB. 

Namun pada kenyataannya, kegiatan ini baru dibuka pada sekitar pukul 10.13 WIB. Keterlambatan ini menuai respon dari berbagai pihak terutama dari pihak peserta.

Budi Zaqi Al-Qalby, salah seorang peserta mengutarakan sedikit kekecewaannya atas keterlambatan ini. “Yang dirasakan sedikit kecewa, sebab pas technical meeting udah saya tanyakan perihal waktu, apa tidak akan ngaret hanya diberikan waktu segitu? dan tidak ada jeda di antara kegiatan satu dan kegiatan selanjutnya?” ujarnya pada Ahad, (29/10/2023).

Nur Aida Hasanah, salah seorang pemateri juga mengutarakan pendapatnya mengenai keterlambatan ini. “Kaget, ya, karena takut ada materi yang tidak tersampaikan,” tuturnya pada Kamis, (29/10/2023).

Menanggapi hal ini, Pembimbing UKM Aksara, Imam Sofyan Abbas memberikan saran untuk mengatasi atau meminimalisir dampak dari keterlambatan agenda dalam sebuah kegiatan. 

“Saya kira memang sepertinya pihak panitia kurang mempersiapkan secara fiks khususnya pembicara-pembicara yang akan hadir gitu," 

"Sehingga dari sisi perencanaan juga barangkali memang belum begitu matang, yang berakibat pada keterlambatan atau perlaksanaan acara yang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan,"

"Dan ini tentu saja menjadi evaluasi khususnya bagi pengurus aksara nanti ke depannya agar ketika membuat kegiatan ini perencanannya lebih matang, kemudian para pembicara di fiksasi kehadirannya sehingga pelaksanaannya bisa sesuai dengan waktu yang ditentukan,” ujar Imam ketika diwawancarai pada Rabu (01/11/2023).

Ke-ngaret-an adalah ancaman yang dapat terjadi pada setiap kegiatan. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi karena manusia bisa belajar untuk disiplin.

 

Baca Juga: KOLABORASI DENGAN JABAR QUICK RESPONSE: AKSARA STAIPI GARUT ADAKAN BASIC TRAINING & CAMP LITERASI 2023

 

Jurnalis      : Yasri Ni’mal Maula, dan Wika Hermawati

Editor        : Salman Faiz Rahmat

Fotografer : Shela Agustin

 

 

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama