KOLABORASI DENGAN JABAR QUICK RESPONSE: AKSARA STAIPI GARUT ADAKAN BASIC TRAINING & CAMP LITERASI 2023


Kantor JQR (Jabar Quick ResponsePos Pariangan Timur (Sumber: Gufran)


Garut, Aksara--Basic Training dan Camp Literasi 2023 resmi dibuka secara langsung oleh Pembimbing Aksara, Imam Sopyan Abbas, M.Hum., Sabtu (28/10/2023).

Acara Basic Training Aksara  kali ini mengusung tema “Membangun Landasan Kreativitas: Literasi Jurnalistik dan Sastra Demi Terwujudnya Kampus yang Kritis dan Berkemajuan.”

Baca Juga:  Jalin Kerja Sama dengan UNIDA Gontor: STAIPI Garut Adakan Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam

Calon anggota Aksara baru dari berbagai Program Studi (Prodi) STAIPI Garut mengikuti acara ini yang bertempat di Jabar Quick Response Jl. Ngontong No.9 Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

Basic Training dan Camp Literasi Aksara ini merupakan kegiatan tahunan Aksara yang di laksanakan setahun sekali sebagai bentuk kaderisasi calon anggota Aksara yang baru.

Ridwan Rustandi S.Kom.I., M.Sos selaku Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung membekali materi mengenai jurnalistik yang mumpuni.

Lebih lanjut, Lani Lasna Ulhaq, S.Ag, pemateri yang menyampaikan mengenai kepenulisan merupakan tasykil Aksara sebelumnya dan merupakan lulusan STAIPI Garut beberapa bulan yang lalu.

Tahun ini Aksara berkolaborasi langsung dengan Jabar Quick Response (JQR), berupa pihak JQR menyediakan fasilitas dan materi mengenai Jurnalis Sadar Risiko Bencana.

“Jabar Quick Response (JQR) merupakan kanal aduan kemanusiaan untuk masyarakat Jawa Barat yang diluncurkan pada 18 September 2018 oleh Gubernur Jawa Barat yaitu bapak Ridwan Kamil dengan tujuan untuk percepatan proses pengaduan keluhan-keluhan yang dialami oleh masyarakat Jawa Barat,jelas Nu’man Amanulloh, salah satu pengurus JQR.

Pemateri dan para peserta pada materi pengenalan JQR (Sumber: Panitia Aksara)


Dari tahun sebelumnya UKM Aksara telah membangun hubungan kerja sama dengan JQR dari segi penyediaan tempat dan Aksara yang menjalankan acaranya.

“Baru pas Basic Training dan Camp Literasi sekarang yang diketuai oleh Syahrul Syairil Anwar itu ada titik jelas mengenai MOU-nya. JQR menginginkan kerja sama dengan Aksara dalam bidang jurnalistik jadi mereka butuh media untuk meng-UP kegiatan-kegiatan mereka,” ujar Zulfi, Ketua Aksara.

Ketua pelaksana, Syahrul bahkan menegaskan bahwa kolaborasi antara UKM Aksara dengan JQR salah satunya untuk meningkatkan eksistansi Aksara itu sendiri.

Baca Juga: Wujudkan Legislator Muda Berkapabilitas: Senat Mahasiswa STAIPI Garut Adakan Kelas Legislatif

Lebih jauh pihak Jabar Quick Response menambahkan bahwa mereka terbuka untuk siapa saja yang ingin bekerja sama terutama di bidang kemanusiaan.

“Jabar Quick Respon  terbuka untuk siapa saja yang ingin bekerja sama, terutama di bidang kemanusiaan. Dan memang sudah seharusnya kegiatan-kegiatan seperti Basic Training dan Camp Literasi itu dilakukaan secara berkesinambungan dan tidak terputus hanya di acara itu saja,tambah Nu’man.

 “Komunikasi adalah salah satu bagian dari literasi. Literasi itu ketika kita bisa berkomunikasi dengan baik termasuk ketika kita bekerja sama dengan pemilik tempat ini, yaitu Jabar Quick Response,” ujar Rohima, salah satu pemateri yang merupakan Duta Baca Kabupaten Garut.

Salman, salah satu peserta mengungkapkan kesannya dalam acara ini bahwa dirinya merasakan kesan yang sangat baik dan mendapatkan manfaat.

“Kesan saya sangat bagus ya, karena dengan adanya kolaborasi antar UKM Aksara dan JQR ini, salah satu manfaatnya itu adalah adanya tempat yang dapat menunjang kelancaran acara ini,” uturnya.

Imam Sofyan menjelaskan dengan gamblang bahwa JQR ini positif dalam menyediakan tempat yang relatif persentatif dari segi akses dan tidak terlalu jauh, dari segi fasilitas mendukung dan memadai. Maka dalam hal ini JQR berperan sebagai representasi pemerintah dalam mendukung aktualisasi kegiatan mahasasiwa khususnya di Garut.

“Aksara ini menjadi corong untuk menyebarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh JQR,ujarnya.

Aksara merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STAIPI Garut yang bergerak di bidang literasi dan pers mahasiswa.

Dalam kaderisasi anggota, Aksara sendiri memilki prosedural yang khusus dibandingkan UKM-UKM yang lain dimana calon anggota harus menyiapkan diri melalui Personality Test dalam mengikuti setiap program Aksara.

 

Jurnalis             : Dewi Kartiwi & Gufran

Fotografer        : Rifa Apriliani

Editor               : Nurul Azmi Azizah

 

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama