Meriahkan Kemerdekaan RI ke-78: Garut Sukses Selenggarakan Karnaval Kebudayaan


Foto Karnaval Kebudayaan (Sumber: antaranews.com)


Garut, Aksara-- Pemerintah Daerah Garut mengadakan karnaval kebudayaan sebagai puncak peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kamis (17/08/2023).

Kini karnaval  peringatan HUT Kemerdekaan RI kembali hadir dengan cukup meriah setelah pandemi Covid-19 berlalu. 

Sehingga rangkaian kegiatan seperti upacara hingga konvoi karnaval kembali dilakukan oleh masyarakat Garut di tahun 2023 ini.

Baca Juga: Menuju Detik-detik Pengibaran Bendera: Paskibraka Garut Lakukan Gladi Bersih

Konvoi karnaval sudah menjadi suatu budaya yang tidak bisa dipisahkan di kalangan masyarakat Indonesia khusunya untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Pada konvoi ini menampilkan beraneka ragam budaya yang ada di Indonesia, karena seperti yang sudah diketahui bahwa Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman budaya, ras, suku, kepercayaan, agama hingga bahasa.

“Ada banyak partisipasi dari seluruh pelaku komunitas untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Agis Ismail.

Baca Juga: Sambut Kepulangan Jemaah El-Ittihad: Begini Pesan dari Ketua PD Persis Garut

Menurutnya berbagai partisipasi dari seluruh pelaku budaya banyak memberikan partisipasinya dalam HUT Kemerdekaan RI kali ini.

Acara konvoi karnaval kemerdekaan RI ke-78 ini dihadiri oleh seluruh komunitas yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya ke panitia untuk menentukan nomor urut di bagian protokol.

kemudian menyampaikan sinopsis temanya, sehingga penempatan peserta karnaval sesuai nomor urut yang telah ditentukan.

“Kalau kita bagi ketiga kelompok ya, lama kelompk budaya itu disitu ada dari para Jupe kemudian para pelaku budaya-budaya apa itu, komunitas budaya gitu ya, dan kawan-kawan kemudian juga ada pelaku seni “ ucap Agus.

Rute dari kegiatan karnaval budaya ini berada di pusat Kota Garut yang dimulai dari jalan Ahmad Yani lalu menuju Jalan Bank dan jalan protokol lainnya.

Dalam acara karnaval budaya ini menghadirkan berbagai kesenian di berbagai daerah di antaranya ada Kebudayaan Sunda, Jawa, dan daerah yang ada di nusantara lainnya.

Jurnalis    : Rohima S M
Editor      : Zulfi M R

Baca Juga: Usai Direnovasi 87,7 M: Beginilah Wajah Baru Situ Bagendit Garut

 

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama