SPEKTAKULER, 4 PRODI KOLABORASI DALAM KEGIATAN SEMINAR PENDIDIKAN

Dokumentasi panitia kegiatan seminar pendidikan

Garut—HM-PS PAI STAI PERSIS Garut kolaborasi dengan HM-PS PGMI, BKPI, dan PBA dalam menyelenggarakan Seminar Pendidikan Fakultas Tarbiyyah pada Kamis, 15/12/2022 di Auditorium STAI PERSIS Garut.

"Kolaborasi lintas prodi ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan awal yang baik khususnya dalam pengembangan kompetensi mahasiswa yang bergerak dalam ranah pendidikan" Tutur Presiden Mahasiswa STAI PERSIS Garut ketika sambutan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 orang diantarnya adalah pimpinan kampus seperti Dr. Maman Sumpena, M.SI sebagai Ketua STAI PERSIS Garut, Dr. Heri Mohammad Tohari, S. Fil, M.Pd sebagai Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Riyan Nuryadin, M. Pd.I sebagai Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam, Abdul Mughni, M. Pd sebagai Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Ilyas Jaelani Syahlan Mubarok sebagai Presiden Mahasiswa STAI Persis Garut, Senat Mahasiswa dan beberapa tamu undangan lainnya dari setiap HM-PS yang ada di STAI PERSIS Garut.

Tak kalah menarik, pada kegiatan Seminar Pendidikan ini mendatangkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut yaitu Ade Manadin, S. Pd, M. Pd sebagai Keynote Speech. Motivasi dan dukungan penuh diberikan kepada seluruh peserta kegiatan seminar agar mereka selalu belajar pada hal-hal baru dan jangan pernah menyerah, bahkan diakhir pembicaraannya ia memberikan beasiswa berupa laptop dan uang pendidikan setiap bulan kepada beberapa mahasiswa yatim piatu yang hadir pada seminar ini.

Tema yang diangkat dalam Seminar Pendidikan  ini yaitu "Pengenalan Pendidikan dengan Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Era 5.0"

Ketua pelaksana kegiatan, Fanji Rizal Ramadhan menuturkan bahwa tema tersebut merupakan respon positif terhadap perubahan zaman yang cepat berkembang sehingga kompetensi mahasiswa perlu ditingkatkan salah satunya melalui pengenalan pendidikan dengan kurikulum merdeka.

Seminar Pendidikan ini menghadirkan 2 pemateri yaitu Dr. Fenti Inayati, S. Pd.I dan Dr. Darwis, M. Pd, yang sangat luar biasa dan kompeten dalam menjawab permasalahan pendidikan khususnya mengenai kurikulum merdeka karena keduanya merupakan pengawas Dinas Pendidikan Kab. Garut dan Asesor Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Program Guru Penggerak (PGP). Dalam penyampainnya tidak hanya sebatas memberikan materi saja akan tetapi para peserta diajak untuk dapat mengenali dan mempraktekan bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam sebuah proses pembelajaran.

Dalam rangkaian kegiatan seminar ini juga ada sesi penyerahan penghargaan kepada juara lomba dakwah virtual tingkat MA/PPI Se-Kab. Garut yang diadakan oleh HM-PS PAI STAI Persis Garut pada tanggal 27 November-10 Desember 2022. Penyerahan piala dan hadiah langsung diberikan oleh Ustadz Riyan Nuryadin, M. Pd.I selaku Ketua Prodi PAI STAI Persis Garut kepada Juara 1 yaitu Muhammad Ilham (MA Darul Falah/PPI 61), Juara 2 yaitu Salda Sevia Nur Azizah (MA Darul Falah/PPI 61), dan Juara 3 yaitu Seva Tiara Radea (SMA Plus Persis 111 Pameungpeuk).



Amijar Septiani
Jurnalis UKM Aksara

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama