Youtuber Terkenal Guru Gembul Hadir di Acara Ma'ruf STAIPI Garut 2023


Guru Gembul saat Mengisi Materi pada Acara Ma'ruf 2023 (Sumber: Aksara)

Garut, Aksara--Youtuber atau konten kreator terkenal Guru Gembul hadir pada acara Ma'ruf STAIPI Garut, Selasa (19/9/2023).

Guru Gembul menjadi pembicara pada acara tersebut dengan tema "Harmoni Karakter Mahasiswa: Langkah Indonesia Emas 2045 yang Berbudaya dan Beragama" yang bertempat di Auditorium STAIPI Garut, Jalan Aruji Kartawinata, Tarogong Kidul, Garut. 


Pada hari kedua acara Ma'ruf tersebut, Guru Gembul hadir untuk memberikan materi pemahaman tentang pendidikan dan kebudayaan kepada para peserta.

Dirinya menyebut bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih harus diperbaiki dan terus ditingkatkan terutama untuk memulainya harus dari diri sendiri terlebih dahulu.

"Hal yang pertama adalah kenal diri kalian sendiri dulu, sukses itu harus dimuali dari visi ke depan," ucapnya. 

Lebih lanjut Youtuber yang terkenal dengan salam "Baraya" nya memberikan gambaran besar bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi. Namun dirinya menyatakan bahwa bonus demografi Indonesia hanya bertahan selama 13 tahun. 

Bonus demografi adalah kondisi bangsa di mana usia produktif (16-64 tahun) lebih banyak daripada usia non produktif (65 tahun ke atas).

Dirinya mengajak para peserta ma'ruf yang diisi oleh calon mahasiswa untuk mempersiapkan dirinya sebaik mungkin dalam menyambut bonus demografi Indonesia. 

Tentunya dengan bisa memanfaatkan bonus demografi maka Indonesia Emas 2045 akan tercapai dengan baik.

Dirinya menyebut bahwa negara Jepang dan Amerika bonus demografinya sudah habis, tetapi masih bisa mempertahankan kemajuan negaranya karena sudah punya sistem pengelolaan negara yang baik. 

"Kita akan menjadi bangsa yang layu sebelum berkembang jika tidak bisa memanfaatkan bonus demografi," ujarnya. 

Selanjutnya konten kreator itu menekankan akan pentingnya menjaga nilai-nilai budaya sendiri, karena itu merupakan identitas sejati. 

"Jangan pertahankan budaya kita dalam bentuk perwujudan, tapi pertahankan budaya kita dalam bentuk mental," ucap orang yang sering disapa Gugem itu.

Selain menjadi Youtuber, diketahui bahwa Guru Gembul adalah seorang guru sejarah di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Bandung. 

Guru Gembul terkenal karena argumen atau pernyataan kontroversialnya mengenai kondisi dan situasi di Indonesia yang disiarkan melalui kanal Youtubenya Guru Gembul dengan 949 ribu subscriber. 

Selain itu dirinya sering mengisi seminar-seminar sejarah dan pendidikan. Diduga nama asli Guru Gembul adalah Johan Riyadi, berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. 

ZMR




Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama