Workshop Jurnalistik Festival Kampus; Masih Ragu Untuk Menulis?


Dokumentasi Panitia Festival Kampus

Pagelaran festival kampus STAI Persatuan Islam Garut mendatangkan pemateri-pemateri yang luar biasa. Acara yang mengusung tema budaya Sunda ini mengadakan berbagai seminar dengan tema-tema yang sangat menarik dan pemateri yang yang layak diacungi jempol.

Salah satunya adalah workshop jurnalistik yang bertemakan Change The World With Your Writing,dengan pemateri Heri Mohamad Tohari, S. Fil., M.pd. Beliau adalah salah satu dosen STAI Persatuan Islam Garut sekaligus seorang penulis yang handal.

Dalam workshop yang diselenggarakan tepat di hari pertama ini beliau menyebutkan bahwa menulis  jurnalistik sangatlah mudah, dan pemamparan materi beliau pun sangat mudah difahami.

Menurut penuturan beliau, seringkali menulis dianggap sebagai momok yang paling menakutkan oleh kebanyakan orang, bahkan tidak dipungkiri banyak dari kalangan pelajar maupun mahasiswa yang angkat tangan jika dihadapkan dengan hal yang satu ini. 

Beliau menjelaskan, bahwa menulis itu sebetulnya bermain dengan kata-kata. Maka setidaknya ada tiga kekuatan dalam pembuatan tulisan jurnalistik yaitu ide sederhana, santai, serta judul yang bombastis.

Dalam pemaparan berikutnya, beliau juga menyatakan bahwa ternyata menulis jurnalistik itu sangatlah mudah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengubah pandangan atau sugesti kita yang semula menganggap menulis itu sukar untuk dilakukan menjadi mudah untuk dilakukan.

Beliau juga selain mememotivasi para peserta workshop dengan beberapa suntikan teori dan sudut pandang jurnalistik, ada hal menarik lain yang beliau sampaikan terkait motivasi terbesar seorang Muslim untuk bergelut dalam dunia jurnalistik, yaitu berdakwah.

“Ada banyak jalan dakwah, salah satunya dakwah itu dengan jurnalisme.” Tutur beliau.
Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa lewat tulisan yang baik bisa menjadi ladang pahala atau amal jariyah untuk diri sendiri.

Jadi,

apakah kawan-kawan masih ragu untuk menulis?


*Aulia Azizah
(Jurnalis Persma Unstraj)

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama