DAUROH QIROATUL KUTUB: PENUTUP PROGRAM MADRASAH KUTUBIYAH HM-PS IAT

Dokumentasi Liputan UKM Aksara (
Ahad, 27/11/2022)

Menutup program Madrasah Kutubiyah, Bidgar Pendidikan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) Ilmu Alquran dan Tafsir menyelenggarakan Dauroh Qiroatul Kutub, Dauroh tersebut dilaksanakan secara offline di Kampus STAI Persis Garut pada hari Sabtu-Ahad (26-27/11/2022).

Pasalnya, Kegiatan Dauroh Qiroatul Kutub tersebut merupakan kegiatan edisi terakhir program Madrasah Kutubiyah. Madrasah Kutubiyah itu sendiri ialah program pembelajaran dan pelatihan membaca bacaan Arab gundul yang dilaksanakan berkala setiap dua pekan sekali. 

"Dauroh Qiroatul Kutub ini merupakan edisi terakhir dari beberapa kegiatan pembelajaran Madrasah Kutubiyah yang telah dilaksanakan pada bulan-bulan yang lalu. Dikarenakan ketika libur kuliah kegiatan Madrasah Kutubiyah ini banyak terhalang dan tidak terlaksana, maka kami siasati untuk melengkapi materinya dengan Dauroh ini. Makanya disebut edisi spesial," tutur Muhammad Syamsu Rizal, koordinator Bidgar Pendidikan HM-PS Ilmu Alquran dan Tafsir pada sesi pembukaan. 

Bahan ajar yang digunakan dalam Dauroh tersebut ialah kitab _Ushul Fii At-Tafsir_ karya Syaikh Al-Utsaimin. Adapun pematerinya ialah pemateri tetap Madrasah Kutubiyah periode 2022, yaitu Shadiq Amin Muttahid, mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir STAI Persis Garut semester akhir. Peserta yang mengikuti Dauroh tersebut berjumlah 12 orang, yang terdiri dari mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir dari semester 1 hingga semester 5. 

Harapannya, program Madrasah Kutubiyah ini bisa terus berlanjut dan meningkat kualitasnya sehingga dapat meningkatkan skill dan semangat mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir dalam membaca teks Arab gundul umumnya serta kitab-kitab Tafsir khusu.


Fitri Nurlaeli Sakinah: Jurnalis UKM Aksara
Editor: Firman Solihin, M. Ag

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama