LPPM STAI PERSIS GARUT MENGGELAR KLINIK PUBLIKASI ARTIKEL

Dokumentasi LPPM 

Garut—LPPM STAI Pesis Garut menggelar kegiatan Best Practice Jurnal Ilmiah sebagai bagian dari Klinik Publikasi Jurnal. Pada Jum'at (12/11/2022) yang bertempat di Rusunawa Lantai 1. Dengan dihadiri oleh Dosen dan beberapa mahasiswa.

Kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai ruang apresiasi kepada mahasiswa MPM 2022 yang tugas penelitiannya terpilih untuk diangkat ke Jurnal Ilmiah. Diantara mahasiswa yang mendapat apresiasi adalah Rofiq Mifathul Huda, Salsabila Az-Zahra, Risna Seti Fefitrianti, Silmi Sakinah, A. Alwi Alfiansyah, dan beberapa lainnya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan pengalaman dari ketua LPPM tersendiri ketika mendapatkan masukan-masukan dari reviewer artikel ilmiah. Dalam acara tersebut tersajikan beberapa materi yang mendukung akan pemahaman dalam penulisan sebuah artikel ilmiah.

Materi pertama disajikan oleh Dr. Pepen Irfan Fauzan, M. Hum selaku ketua LPPM. Beliau menyuguhkan pentingnya mendapatkan komentar dari editor atau reviewer jurnal, sehingga nantinya akan menjadi acuan dalam tulisan lainnya. 

Kemudian pasca dzuhur dihadirkan sesi kedua oleh Kinkin Syamsudin, M. Ag. Beliau menyuguhkan materi mengenai teknik publikasi memasukan artikel jurnal ilmiah di Jurnal Online.

"Yang paling penting dalam publikasi ini adalah setiap dosen harus memiliki akun di Google Scholar" Tutur Kinkin dalam materinya.

Menurut Kinkin, dalam Jurnal Ilmiah ini ada beberapa tingkatan, mulain dari Sinta 1, Sinta 2 dan seterusnya. Maka disini pentingnya bagi para dosen dalam mengetaui karakteristik dari setiap jurnal sebelum dipublikasi.


Narasumber: Imam Sopyan Abas, MA
Jurnalis: Lani Lasna Ulhaq

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama