SUDAHKAN ANDA MENGENAL POJOK SYARI'AH?

Diambil oleh Lani Lasna Ulhaq (Sabtu, 09/07/2022)

STAI Persis Garut—Pojok Syari'ah lahir atas kerjasama yang dibangun antara Prodi Ekonomi Syari'ah STAI Persis Garut bersama BPRS Harta Insan Karimah (HIK) Parahyangan. Diresmikan pada Jum'at (16/10/2020), dengan ditandatangani dalam MoU oleh ketua STAI Persis Garut dan Direktur BPRS HIK Parahyangan.

Dokumentasi Pojok Syari'ah

Irfan Kasyaf Noerfiqhy, Lc, M. Ag mengungkapkan keberadaan Pojok Syari'ah sebagai bank mini syari'ah tentunya dapat memberikan dampak bagi upaya pengenalan dan edukasi mengenai gambaran produk-produk serta layanan yang ada pada industri perbankan syari'ah bagi seluruh civitas akademika.

Selain daripada keberadaannya, Ketua Prodi Ekonomi Syari'ah juga menerangkan bahwa sistem yang dijalankan di dalamnya terintegritas dengan sistem pengelolaan BPRS HIK, sehingga setiap transaksi dibawah jaminan pengawasan HIK Parahyangan. "Adapun Prodi Ekosy mengkoordinir siapa mahasiswa yang kompeten untuk bertugas di Pojok Syari'ah, tentunya telah melalui serangkaian test dan wawancara" Katanya.

Pasalnya Pojok Syari'ah tidak hanya sebagai sarana simulasi praktik perbankan bagi mahasissa Prodi Ekosy, tapi juga sebagai lembaga keuangan yang dapat dimanfaatkan seluuh civitas akademika STAI Persis Garut. Di Pojok syari'ah menawarkan berbagai layanan, semisal tabungan mudharabah (tabungan qurban, tabungan haji/umrah, tabungan masa depan), tabungan wadi'ah mahasiswa, dan lain-lain.

Dokumentasi Pojok Syari'ah

"Kami berharap seiring bertambahnya aktivitas transaksi di Pojok Syari'ah, maka akan semakin bertambah pengetahuan aplikatif yang didapatkan mahasiswa mengenai pengelolaan lembaga keuangan syaru'ah. Terlebih, jika kampus STAI Persis Garut merealisasikan pembayaran admnistrasi mahasiswa melalui Pojok Syari'ah" Pungkas Irfan.


Lani Lasna Ulhaq

Jurnalis UKM Aksara

1 Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama