TINGKATKAN LITERASI, HM-PS IAT GELAR LITERA-Q

Dokumentasi pribadi: Rahayu Muthmainnah

STAIPI Garut - Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan minat literasi mahasiswa, khususnya mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir, Bidang Garapan Pendidikan HM-PS IAT menyelenggarakan kegiatan Litera-Q perdana, Kamis (30/06/2022). Menurut koordinator Bidgar Pendidikan HM-PS IAT, kegiatan Literasi Quran yang disingkat menjadi Litera-Q ini merupakan kegiatan rutinan yang diagendakan satu bulan sekali pada hari Kamis di pekan keempat.

Isi kegiatan Litera-Q ini ialah membedah suatu buku yang telah diinstruksikan sebelumnya untuk dibaca, yang kemudian dilanjut dengan diskusi bersama. Adapun buku yang dibahas pada kegiatan Litera-Q perdana saat itu ialah e-book yang berjudul "Pro Kontra Ayat Al-Quran yang dihapus" karya Muhammad Abdul Wahab, Lc. M.H. 

Ilham Taufik dan Rahayu Muthmainnah sebagai penanggung jawab kegiatan ini mengatakan, bahwa Litera-Q ini mulanya akan dilaksanakan secara tatap muka di Kampus STAI Persis Garut. Namun dikarenakan terdapat kendala mendadak, kegiatan pun akhirnya dilaksanakan secara online melalui link rapat Google Meet. Dihadiri oleh 15 orang kegiatan Litera-Q ini berlangsung sejak pukul 16.00-17.40 WIB. 

Hal unik yang yang membedakan kegiatan Litera-Q dengan kegiatan lainnya ialah sistem pelaksanaannya yang dilakukan per angkatan. Menurut Bidgar Pendidikan sendiri, selain bertujuan menambah wawasan dan meningkatkan minat literasi terhadap buku-buku bacaan, Litera-Q ini juga bertujuan untuk menjadi sarana silaturahmi bagi mahasiswa IAT di setiap angkatannya. Sehingga setiap angkatan mahasiswa IAT akan mendapat jadwal untuk berdiskusi bersama di forum Litera-Q di bulan yang ditentukan. 

Adapun pada Litera-Q perdana ini, mahasiswa yang terjadwal untuk mengisi kegiatan diskusi ialah mahasiswa IAT angkatan 2021 dengan delegasi satu orang pemantik dari tiap kelasnya. Pemantik-pemantik tersebut ialah Dea Zahra Nurfithrah sebagai delegasi dari kelas A; Salman Faiz Rahmat sebagai delegasi dari kelas B; dan Ismail Ash-Shidiki sebagai delegasi dari kelas C. 

Rencananya, kegiatan Litera-Q ini akan terus berlanjut dilaksanakan di setiap akhir bulan hingga seluruh angkatan akan mendapatkan giliran untuk berdiskusi dalam forum Litera-Q ini. Tentu saja harapannya agar minat literasi mahasiswa IAT dapat meningkat bersamaan dengan menguatnya solidaritas di tiap angkatannya.


Fitri Nurlaeli Sakinah

Jurnalis UKM Aksara

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama