RESENSI BUKU: CREATOR INC

Ilustrasi gambar: UKM Aksara

Creator. Inc, Bukunya para Animator, Writer, Designer, Photografer, Content Creator, Develover, Planer, Marketer, Organizer, Advisor, dan Indevendent worker lainnya.

Kalau kalian seorang kreator terus lihat tampilan depan buku ini, bisa jadi kalian langsung tertarik untuk mengadopsinya.

Well, at least that what I had in mind ... seorang teman saya ngasih tantangan buat baca buku ini dalam waktu tiga hari. Bagi seorang avid reader, buku ini memiliki ketebalan yang biasa, tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. Ia memiliki total 284 halaman dengan ukuran 20,5 cm, diterbitkab oleh PT Bendtang Pustaka.

Nama penulisnya adalah Arif Rahman, ia menulis buku ini bersama tim Majalah Bisnis dan Investasi Money&I. Dikutip dari Creator Inc, Arif Rahman adalah kapten tim redaksi Majalah Bisnis dan Investasi Money&I. Ia juga rekan pendiri Accounting & Banking School AKUBANK. Arif memiliki ketertarikan yang menginspirasi, mereka yang suka berbagi. Ia juga terobsesi dengan orang-orang keren yang sukses dengan berbagai keterbatasan. Di buku ini kalaian akan mendapatkan cerita tentang Arif Rahman sebagai kreator. 

Tak heran jika buku ini begitu padat akan ilmu dan petuah yang bisa diaplikasikan, tak hanya teoritik. Karena sejatinya ditulis oleh seorang praktisi - yang tau betul lapangan, menghabiskan bertahun-tahun waktunya untik bootstrapping dari nol, mengalami jatuh berkali-kali namun bisa bangkit lagi.

Ada sebuah kutipan bahwa orang yang kuat bukanlah orang yang bisa mengangkat baja, melainkan orang yang bisa bangkit lagi setelag mengalami kegagalan. Ada setuju?

Siapakah para kreator? Mereka adalah orang-orang yang mencipta karya. Membuat suatu produk dari tiada menjadi ada. Orang-orang yang memiliki kemampuan dominan pada otak kanan karena mefeka cenderung berfikir dengan kreatif. 

Disampul depan Arif Rahman menuliskan berbagai profesi dari kreator. Mereka adalah Animator, Writer, Designer, Photografer, Content Creator, Develover, Planner, Marketer, Organizer, Advisor, dan Independent Worker lainnya. Maka asalkan seseorang memiliki skill dan kemampuan untuk mencipta karya, maka sejatinya ia adalah seorang kreator.

Nah apakah kalian adalah salah satunya?

Pertama yang harus kita sadari, kita tak lagi hidup di era industri, ketika dokter dan pilot adalah cita-cita primadona. Sekarang, generasi pembaru adalah orang-orang yang bergerak lincah dan bermanuver cepat, memahami aturan main dan akrab dengan teknologi. Mereka disebut dengan Net Generations, selalu terkoneksi dengan internet. Mereka mampu melakukan banyak hal secara bersamaan. Gal, Ringkih, tetapi cerdas! – Creator Inc halaman 2.

Buku ini kemudian membagi pembahasannya menjadi tiga sub bagian besar, yaitu :

1. Merintis Jalan dan Tapaki

Pada bagian satu Creator.inc, Arif ingin menjelaskan bagaimana suka dan duka menjadi seorang kreator, dan memberikan pandangan kepada Creator Rookie atau Kreator yang masih baru, bahwa mereka memiliki potensi untuk terus tumbuh dan berkembang.

Sebagai independent worker, para kreator bukanlah karyawan, namun juga belum bisa disebut sebagai pengusaha. Kreator masih mencari klien untuk dirinya sendiri, mengerjakan semuanya sendiri, mendapatkan penghasilan untuk dirinya sendiri, namun bukan berarti Kreator tidak bisa berbisnis. Jika anda seorang Rookie, maka anda bisa melakukan baby step terlebih dahulu, menapaki jalan yang anda sukai, kuasai satu atau dua hal saja, lalu jadilah yang terbaik dari hal yang anda kuasai.

Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis adalah fokus kita pada produk dan segmentasi pasar. Kebanyakan anak muda suka dengan layanan Palugada ‘apa yang lu mau gue ada’ semua lapisan pasar dilayaninya. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan produk kita sulit dikenal, personal brand lemah dan menjadikan produk yang kita tawarkan medioker’ – Creator.Inc halaman 82

Yang menjadi salah satu permasalahan pelik bagi kreator adalah menentukan harga sebuah hasil karya. Seperti yang kita tahu bahwa terkadang tidak ada acuan baku mengenai harga dari sebuah karya seorang kreator.

Pada akhir bagian satu Creator.Inc, Arif juga memaparkan bagaimana caranya kita menentukan harga yang layak untuk hasil karya kita.

2. Tunjukkan Karyamu

Cara mendapat perhatian adalah dengan membuat dengung (buzz) karena yang mendengung itu menarik perhatian. Salah satu caranya dengan menggelar event atau perhelatan’ – Creator.Inc halaman 192.

Bagian kedua ini diperuntukkan untuk Creator yang sudah ‘lepas landas’. Mereka sudah memiliki kemampuan cukup mumpuni, sudah memiliki pengalaman mengerjakan berbagai project, dan siap untuk mengembangkan karya mereka dan menciptakan sebuah brand.

Misalnya, sebagai Blogger. Ketika teman-teman sudah menciptakan sebuah blog dan mempublishnya di world wide web, sebenarnya teman-teman sudah menunjukkan karya pada dunia. Semua orang bisa membaca tulisan teman-teman, buah hasil pemikiran teman-teman sendiri. Sekarang tinggal bagaimana caranya teman-teman memanfaatkan berbagai celah yang ada untuk menjadikan blog sebagai salah satu entitas bisnis.

Ada banyak cara untuk mendatangkan pemasukan bagi seorang blogger. teman-teman bisa menerima pesanan tulisan dari brand untuk mempromosikan produk mereka di blog anda. Teman-teman juga bisa memasang iklan banner dari perusahaan untuk dipasang di blog. Teman-teman juga bisa memonetize blog dengan Google Adsense ataupun WordAds. Yang tak kalah menarik adalah Affiliate Marketing yang juga bisa mendatangkan penghasilan untuk blog teman-teman.

Jadi bagaimana, dengan memiliki blog yang di monetize sebenarnya teman-teman sudah berbisnis bukan?

Pada bagian dua ini turut dipaparkan mengenai pemasaran yang efektif, cara memamerkan ide yang efektif, hingga cara untuk memanfaatkan celah bisnis melalui berbagai situs crowdsourching seperti freelancer, projects.co.id, Elance, Upwork dan lainnya.

3. Dari Kreator Menjadi Perusahaan

Selanjutnya jika teman-teman sudah merasa matang dengan brand teman-teman dan ingin ‘naik kelas’ ke tingkat selanjutnya, siap-siap untuk mengeluarkan kembali 100% energi untuk merintis brand teman-teman menjadi suatu entitas bisnis yang lebih besar bernama perusahaan.

Disinilah teman-teman mulai dituntut untuk membuat suatu sistem, mempertimbangkan untuk tidak lagi bekerja sendirian melainkan dengan bemitra dengan beberapa orang yang bisa menutupi kekurangan teman-teman.

Dari sekian banyak daftar nama orang-orang yang berhasil dalam bisnis, saya mendapati bahwa kebanyakan dari mereka tidak memulai usahanya sendirian. Mulai dari Warren Buffet, Bill Gates, Steve Jobs sampai dengan pengusaha lokal seperti Chairul Tanjung atau Dahlan Iskan sekalipun, semuanya memulai usaha dengan cara bermitra. Sandiaga Uno termasuk salah seorangnya. – Creator Inc.Hal 254

Bab 3 secara global membahas mengenai apa yang harus teman-teman lakukan ketika sudah melebarkan sayap usaha menjadi perusahaan. Bagian ini membahas mulai dari modal awal, perizinan, tenaga kerja, pemasaran. Teman-teman akan mulai membangun aset, memikirkan keuangan, cashflow, untung dan rugi. Teman-teman akan mulai berfikir visioner, bagaimana caranya agar bisnis terus berputar dan beroperasi dengan maksimal. Dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan agar usaha teman-teman tetap sustain dan berkembang.


Penilaian

Sebagai buku entrepreneurship yang diperuntukkan untuk para kreator, buku ini adalah buku yang bermutu, bermanfaat, padat dengan langkah-langkah praktis yang bisa diterapkan. Dengan penyajian yang ringan, selipan gambar dan foto-foto menarik disertai cerita inspiratif dari para kreator terkenal : mulai dari Merry Riana hingga Unggul Ekaputra; mulai dari Brodo hingga Bukalapak, membaca Creator.Inc dari awal hingga akhir tak terasa membosankan.

Pun karena ditulis oleh seorang kreator, teman-teman akan merasakan bahwa sang penulis benar-benar memahami pahit getir manis menjadi seorang kreator – yang sedikit banyak akan membuat teman-teman berkaca pada diri anda sendiri.

Dengan terus mengasah kemampuan sebagai seorang kreator, menjaga semangat belajar agar tetap tinggi, dan memiliki keinginan untuk terus maju dan visioner, siapa tahu, selanjutnya kitalah yang menjadi Kreator sukses Indonesia di masa depan.


Author: Redaksi UKM Aksara

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama